Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Ikan Mas

Admin

Mengenal Jenis Ikan Mas


www.infobekerjadirumah.com, Ikan Mas di Indonesia memiliki banyak ragam dari daerah masing-masing memiliki banyak ragam nama. Ikan mas yang tersebar di kalangan petani dari jenis  yang berkualitas unggul hingga yang berkualitas tidak terlalu unggul dimana di setiap daerah memiliki jenis ikan mas favorit. contohnya di jawabarar yang banyak di gemari yaitu ikan mas majalaya, begitupula di daerah lain ikan mas jenis ini belum tentu digemari.semua dipengaruhi dari kebiasaan petani di daerah tersebut yang membudidayakan ikan mas secara turun temurun.

Jenis Ikan mas secara umum ada 2 jenis kelompok 
1 . Ikan Mas Konsumsi 
2. Ikan Mas Hias 

Ikan Mas konsumsi merupakan jenis ikan yang dikonsumsi banyak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan lauk sebagai pemenuhan gizi yang berasal dari hewan. 
Ikan Mas Hias, pada umumnya digunakan untuk memenuhi kepuasan batin atau hobi sebagai hiasan dan di piara dalam kolam yang ada di taman dan ada juga di akuarium. itulah perbedaan jenis ikan  Mas .


Ikan Mas Majalaya dari Jawa Barat
ikan mas ini memiliki ukuran badan yang pendek dan punggunya lebih membungkuk dan lancip. memiliki tuvuh semakin lancip ke arah punggung dan bentuk moncong pipih, ikan mas ini bersifat jinak dan biasa berenang di permukaan air, sisiknya bwerarna hijau keabuan dan bagian tepinya lebih gelap, di bagian sirip ekor berwarna kekunningan, semakin ke punggung warna sisik semaki gelap. 


Permintaan Ikan Mas Tidak Pernah Surut 
Hingga saat ini belum ada angka pasti yang menunjukkan jumlah permintaan konsumen teradap ikan mas, namun dapat diketahui bahwa permintaan tidak pernah surut atau berkurang, berapapun jumlah ikan yang dipasok ke pasaran akan terjual habis. 

Peluang Usaha Ikan Mas
Dari permintaan terus meningkat dan disisi bisnis komoditas ikan mas cukup memberikan peluang usaha. dari pola porudksi yaitu usaha pembenihan, usaha pendederan, usaha pemesaran dan pemasaran 

a. Usaha Pembenihan 
usaha pembenihan meliputi semua proses kegiatan dari pemiliha induk, pemijahan, penatasan telur, dan perawatan larva sampai menjadi benih ikan mas yang memiliki ukuran 1-3 cm .

b. Usaha Pendederan 
Proses pemeliharaan benih ikan mas dari yang berukuran 1-3 cm hingga menjadi ukuran 3-5 cm atau lebih 5-8 cm.

c. Usaha Pembesaran
Usaha ini dimulai dari usaha pemeliharaan benih ikan mas yang berukuran 5-8 cm hingga diperoleh ikan yang siap dikonsumsi yaitu kurang lebih 300 gram per ekor.

d. Usaha Pemasaran 
Dari hasil Pembesaran makan proses pemasaran ini memiliki tujuan akhir dari bisnis budidaya Ikan, pemasaran bisa di lakukuan mulai dari kegiatan usaha pembenihan sampai usaha pembesaran ,  untuk pemasaran pembenihan dan pendederan berlangsung antar petani sedangkan untuk konsumsi pemasaran setelah proses pembesaran dengan hasil akhir ikan konsumsi baik di jual langsung ke konsumen maupun di jual kepasar umum. 

jadi untuk peluang budidaya ikan mas sangat terbuka pasarnya dan memiliki nilai ekonomi, bagi yang berminat untuk membudidayakannya . 



Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.