Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Kiat Usaha Ikan Hias

Admin

Ikan hias

Bisnis ikan hias merupakan bisnis yang cukup digemari karena mudah dilaksanakan. Pangsa pasarnya masih cukup luas. Menurut survei, memelihara ikan hias merupakan hobi terbanyak kedua di dunia setelah fotografi. Hobi ini tidak membutuhkan lahan usaha yang luas/bisa dilakukan di rumah dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
Ada tiga bidang usaha ¡kan hias, yaltu produksi (budi daya), pemasaran, dan penyewaan (rental). Bagi pemula. usaha menjadi pemasar ikan hias atau pun penyewaan bisa dijadikan pilihan. Namun, untuk produksi atau budi daya ikan hias, membutuhkan ilmu dan kesenangan untuk menekuninya

1) Produksi kan hias
Memproduksi (budi daya) ikan hias merupakan rangkaian kegiatan mengelola dan merawat dengan tujuan memperbanyak atau menghasilkan benih ikan sampai dengan induk ikan. Budi daya ini memerlukan ketekunan dan kesabaran yang cukup tinggi maka bagi pemula dibutuhkan kecìntaan yang besar untuk keberhasilan produksinya. Selain aneka ikan hias. Sediakan akuarium dan aksesorisnya

Kegiatan produksi ini terbagi atas tiga kegiatan. yaitu pembenihan. pendederan. dan
pembesaran.

. Pembenihan
Pembenihan merupakan rangkaian kegiatan untuk menghasilkan larva ikan. Kegiatan pembenihan terdiri dan seleksi induk, persiapan wadah pemijahan, persiapan substrat (tempat menempe teur), persiapan air. pemijahan (proses terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma jantan), penetasan, dan perawatan larva.

. Pendederan
Kegiatan pendederan nierupakan kegatan perawatan benih ikan agar tumbuh optimal. Biasanya berlangsung selama 1-2 bulan atau kadangkadang Iebih. Hal yang perlu diperhatikan dalam pendederan adalah jenis ¡kan dan suhu yang diperlukan, kualitas air, kepadatan tebar, ketersediaan pakan seria penyakit dan obatnya.

. Pembesaran
Pembesaran adalah kegiatan merawat dan mempersiapkan ikan sampai tensedianya induk. kan yang dirawat bisa diperoleh dad hash pendederan sendiri atau membeli dan orang lain. Perawatan ini juga terus memperhatikan kualitas air. pakan. dan penyakit. Kualitas Ikan juga harus diperhatikan. Jangan memelihara ikan sakit. ikan cacat. dan ikan yang tidak punya nafsu makan. Sebaliknya, beri pakan yang tinggi proteinnya. baik pakan alami maupun pakan buatan, pada saat pembesaran ikan.

a) Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan
Jenis-jenis kegiatan budi daya dad pembenihan sampal pembesaran dan cara melakukannya.
Usaha budi daya yang sesual dengan kemampuan, balk keteramplian dalam meniprodukslnya maupun kemampuari keuangan (skala besar atau rumah tangga).
Untuk skala rumah tangga, basanya jenis kan yang dipehhara kurang dan lima jenis dan kegiatan produkslnya hanya meliputi pendederan dan pembesaran
Jika Anda memilih skala besar, Anda perlu memakai tenaga kerja lebih dan dua orang. Usahakan yang mengerti tentang seluruh kegiatan budi daya kan dan menyenangi pekerjaannya.

b) Modal yang diperlukan
Ruangan/lahan khusus untuk pembenihan, dilengkapl dengan fas1htas air yang memadai dan sesuai PH.nya.
Akuanlum. Untuk skala rumahan dipedukan akunium sebanyak 10-20 buah, tergantung pada jumlah jenis ikan yang Anda budi dayakan. Namun, untuk skaêa besar, paling tidak Anda butuh sampai 100 akuarium.
Tenaga kerja. Skala rumahan hanya memerlukan pegawal kurang dan 2 orang. Bahkan bisa Anda tangani sendiri. Namun, untuk skala besar, minimal Anda harus punya pegawai lebih dart 2 orang.

C) Kiat menjalankan usaha
Jalankan usaha secara bertahap. Jika memang lahan yang tersedia sempit dan Anda belum mampu membayar tenaga kenja yang mengerti budi daya ikan, mulailah dengan usaha skala rumah tangga.
Rajinlah mengunjungi usaba budi daya ikan Iainnya atau datang ke pameran ikan bias.
Anda bisa belajar dan bertukar pikiran dengan sesama bos dan pengusaha ikan hias.
Mulailah dengan jenis ikan yang mudah dibudi daya terlebih dahulu sebelum
membudidayakan jenis ikan lainnya. Pelajari lagi jika Anda gagal membudidayakan satuK
jenis ikan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Rajln-rajinlah mencari informasi dan menambah pengetahuanJwawasan mengenai ikan hias dan dalam dan luar negeni agar Anda selalu nyambung jika diajak berdiskusi oleh pelanggan. Hal ini bisa menjadi nilai tambah usaha Anda karena umumnya pelanggan yang termasuk kategon hobiis sangat senang berbicara tentang ikan hias koleksinya.
Sesekali datangi kontes ikan hias yang sering diadakan. Anda bisa berguru, mengetahui jenis ikan hias yang sedang tren. bahkan bisa berjumpa dengan peluang.

d) Peluang usaba lalnnya
Penjualan penlengkapan untuk ikan hias. seperti aneka akuarium, pakan ikan hias. dan
obat-obatan
Aksesoni akuarium (pompa, filter, tanaman air, dli)
Jasa membersihkan akuanium

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.