Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Strategi Memuali Usaha

Admin

Strategi Memuali Usaha 
Minuman dan Aneka Snack




Usaha minuman dan snack ala rumahan seperti halnya usaha lain yang memerlukan strategi usaha agar hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Strategi tersebut terkait dengan cara untuk memulainya karena usaha minuman dan snack merupakan usaha yang mudah dimulal sekaligus mudah berakhir. Jelasnya, usaha ini memiliki entry barrier rendah alias mudah ditiru orang lain. Alasan kemudahan proses pembuatan dan modal yang kecil

memberikan peluang besar bagi siapa pun untuk memulai usaha minuman dan snack. Usaha ini tidak mengharuskan seseorang memiliki kompetensi khusus untuk memenuhi syarat menjadi pengusaha minuman dan snack. Seseorang tanpa pendidikan pun mampu menjadi pengusaha minuman dan snack.

Berikut beberapa strategi memulal usaha minuman dan snack agar tidak terjebak ke dalam persa ingan ketat.

1. Pahaml kondisi pasar snack dan minuman populerAnda wajib mengetahul kondisi pasar di bidarig usaha minuman dan snack sebelum memulai usaba tersebut, Kondisi yang perlu dipahami meliputi persaingan usaha

(banyak sedikitnya pelaku usaha), tren yang sedang berkembang, karakier usaba hlngga cara memasuki pasarnya. Misalnya tren snack dalam kemasan kecil atau minuman kemasan menjadi alternatif pilihan. Selanjutnya, target penjualan menjadi salah satu hal yang harus dipahami. Artlnya, Anda harus menentukan ke mana produk tersebut akan dijual. Pilihan bisa jatuh pada penjualan di pasar tradisional, pasar modern, atau usaha lainnya. Anda cukup memillh satu segmen yang paling Anda pahami perilaku pembeliannya sehingga usaha lebih fokus dan berkembang.

2. Ciptakan perbedaan unik pada produk.
Salah satu upaya untuk membuat produk mudah diingat konsumen adalah menciptakan perbedaan atau keunikan produk. Hal ini menjadi tugas penting karena pelaku usaha kuliner sangat banyak. Coba tanyakan pada diri  Anda, “Apa kelebihan produk Anda sehingga konsumen dengan mudah dan cepat mengingatnya?

3. Hitung target pasar yang akan digarap.
Menghitung target pasar berarti memiliki tujuan akhir untuk memperbesar skala usaba. Target pasar yang jelas berkaitan erat dengan jumlah investasi dan blaya yang akan dikeluarkan. Jika modal Anda minim, sebaiknya dimulai dengan skala kecli.

4. Hltung investasi peralatari yang dibutuhkan.
Setelah menetapkan pasar dan segmentasinya perlu dihítung kebutuhan Investasi yang diperlukan. Usaha ini dapat dimulai dengan modal di bawah lima juta asalkan omzet disesuaikan dengan biaya yang dimiliki. Perhitungan Investasi peralatan berkaitan dengan
tahap penentuan harga jual produk.

5. Cari lokasi penjualan yang tepat.
Penentuan lokasi usaha kuliner sangat menentukan omzet penjualan. Lokasi yang tepat dan strategis bisa menjadi pilihan untuk mendekati pembeli potensial Lokasi yang sembarangan membuat usaha Anda sulit berkembang. Jika target yang dibidik adalah minuman populer untuk anak sekolah maka lebih tepat dijual di kantin sekolah.

6. Pahami cara pembuatan minuman dan snack populer dengan baik. 
Memahami cara pembuatan produk berarti proses pembuatan produk dibuat secara terukur dan terstandar dengan baik. Pemahaman proses pembuatan dapat dipelajari dan kursus cooking class atau membaca buku usaha kuliner. Minuman dan snack yang dijual harus sama—seragam bentuk, warna, rasa, dan penampllannya. Perubahan produk akan menimbulkan keraguan konsumen. Tahapan ini sangat penting saat strategi yang dibuat sudah cocok sehingga butuh keteraturan dan uniformity produk. Pastikari juga bahwa bahan baku yang digunakan mudah didapat, Akan lebih baik laql jika lokasi untuk memperoleh bahan baku dekat. Ketersediaan bahan baku adalah kunci dan kelancaran supply usaha minuman dan aneka snack. Strategi pasar harus dibarengi dengan kelancaran supply barang agar usaha tersebut berhasil.

7. Lakukan training pada karyawan.
Training karyawan sangat perlu dilakukan karena keahlian karyawan sangat menentukan produktivitas pengolahan snack dan minuman. Sementara itu, karyawan yang akan menjual snack dan minuman perlu dibekali keterarnpilan menjual baik berupa pelayanan yang prima hingga teknik bernegoslasi dengan konsumen.

8. Lakukan promosi pengenalan pioduk.
Promosi paling sederhana yang bisa dilakukan adalah memberikan icip-Icip pada konsumen, menyebar brosur, atau mengundang beberapa teman untuk menikmati minuman dan snack yang dijual. Selain ¡tu, promosi gratis dapat melalui internet, radio, atau Ikian di koran.

9. Lakukan evaluasi.
Tahap evalusi dapat dilakukan secara menyeluruh mulai dan strategi market yang telah direncanakan sampai sistem manajemen pengolahan produk. Jika dalam proses aplikasi terdapat ketldaksesualan maka perlu dilakukan tindakan perbaikan. Misalnya penyesuaian segmentasi yang salah, training ulang jika pelayanan kurang tepat, atau peninjauan ulang promosi jika produk masih belum dikenal orang. Evaluasi secara dm1 dapat mengetahul ketidaksesuaian Iebih awal sehingga dapat menghemat biaya. Beberapa tahapan strategi usaha dl atas dapat dilakukan secara bertahap, Penyesuaian strategi dengan kondisi Iingkungan dan pengusahajuga penlu dilakukan. 

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.